Nasmoco Ringroad Solo

Jl. Ringroad Utara Km 9 Sroyo Jaten Karanganyar Telp/WA 081229499226

Menu

Tips Berkendara Efektif agar Mobil Lebih Irit BBM

Monday, October 22nd 2018.
toyota solo harga toyota solo promo toyota solo


Beli Mobil Toyota Solo

Gaya serta kecakapan berkendara ternyata sangat berpengaruh pada tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan. Mobil yang sama tapi dikendarai dua orang berbeda, bisa jadi menghabiskan bahan bakar berbeda. Satu boros, satu irit.

Berikut ini ada beberapa tips mengendarai mobil dari berbagai sumber, yang dapat membantu kendaraan lebih efisien menyerap bahan bakar.

Pertama, kurangi penggunaan mobil Anda. Kendaraan lebih boros dan lebih mengeluarkan banyak polusi pada saat dinyalakan dan dikendarai dengan jarak yang pendek.
Alasannya, catalytic converter (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak beroperasi dengan baik sampai mesin benar-benar hangat.

Biasanya, perjalanan kurang dari 5 kilometer umumnya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai suhu operasi puncaknya.

Jadi, ada baiknya tidak menggunakan mobil ketika hendak menempuh perjalanan dengan jarak pendek. Gunakan sepeda atau bahkan jalan kaki, yang jelas memberikan manfaat pada kebugaran Anda.

Kedua, kendarai mobil dengan gigi yang tepat. Mengendarai mobil dengan gigi rendah akan membuat mobil menjadi lebih boros bahan bakar. Sementara itu, membiarkan mobil Anda berada pada top gear ketika melintasi kawasan berbukit atau menanjak juga menguras bahan bakar.

Jika mobil bertransmisi manual, segera pindahkan gigi setelah mobil nyaman dengan gigi yang lebih tinggi, tapi tanpa berakselerasi berlebihan.

Ketiga, berkendara dengan halus. Upayakan mengemudi dengan kecepatan konstan, karena mobil akan jauh lebih efisien dan sedikit mengeluarkan polusi.

Hindari berpergian pada jam-jam sibuk dan hindari pula jalanan-jalanan yang padat. Semakin sering Anda menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang.

Keempat, jangan terlalu lama memanaskan mobil. Kebanyakan mobil tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum mengendarainya, terlebih jika mobil baru.

Hal itu hanya akan membuang bahan bakar. Nyalakan mobil ketika siap untuk pergi. Ketika sudah di jalan, upayakan matikan mesin mobil ketika terhenti akibat lampu merah yang lama atau karena kemacetan yang panjang.

Kelima, jangan ngebut. Konsumsi bahan bakar mobil akan meningkat jika kecepatan mobil sudah lebih dari 90 km/jam. Sekali lagi upayakan mengendarai mobil dengan kecepatan konstan.

Keenam, lepaskan bagian eksterior mobil yang kurang penting. Bagian tambahan pada bagian eksterior mobil seperti atap, spoiler, atau membiarkan jendela terbuka, menimbulkan hambatan udara, dan meningkatkan konsumsi penyerapan bahan bakar pada mobil.

Lepaskan atap atau rak tempat menyimpan sepeda di atas mobil, jika tidak digunakan.

Ketujuh, perhatikan tekanan angin pada ban. Ban kempes/kurang udara juga menjadi penyebab mobil lebih boros bahan bakar. Perhatikan tekanan angin pada ban karena selain akan menghemat BBM, juga akan memperpanjang usia ban.

Kedelapan, jangan gunakan AC terlalu sering. Penggunaan AC terlalu sering menghamburkan bahan bakar 10 persen lebih banyak. Bukalah jendela mobil jika sedang melintasi kawasan yang sejuk seperti perbukitan, pegunungan, dan sebagainya.

Kesembilan, perhatikan beban mobil. Semakin banyak beban yang dibawa mobil, maka semakin besar juga penyerapan bahan bakarnya. Simpan barang-barang yang berat tidak terlalu penting jika berada di mobil.

Terakhir, jagalah mobil dalam kondisi sempurna. Servis rutin secara berkala. Kemudian gunakan bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil.

Dikutip dari:
http://nasmoco.co.id/2015/tips-berkendara-efektif-agar-mobil-lebih-irit-bbm/

toyota solo harga toyota solo promo toyota solo

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited
Best Seller

Related Article Tips Berkendara Efektif agar Mobil Lebih Irit BBM

Sunday 11 November 2018 | Berita Toyota

beli mobil toyota solo MENU HOME OTOMOTIF BERITA Setelah Eropa, Toyota Corolla Sport Siap Dipasarkan di Asia Reporter: Antara Editor: Eko Ari Wibowo 10 November…

Sunday 21 October 2018 | Berita Toyota

Beli Mobil Toyota Solo Toyota Avanza bukanlah barang baru. Mobil kembaran Daihatsu Xenia yang telah lahir sejak 15 tahun lalu itu jadi paling banyak beredar…

Saturday 3 November 2018 | Berita Toyota

Beli Mobil Toyota Solo PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki catatan positif dalam hal ekspor kendaraan dalam keadaan utuh maupun terurai. Pencapaian inipun berbuah…